HECRAS untuk menghitung kapasitas sungai


Pemodelan Hidrodinamik Menggunakan HEC-RAS
Program HEC-RAS 4.1 , merupakan lanjutan dari HEC-RAS 4.0 yang dikeluarkan oleh U.S. Army Corps of Engineers. Program HEC-RAS sendiri dikembangkan oleh The Hydrologic Engineering Centre (HEC), yang merupakan bagian dari oleh U.S. Army Corps of Engineers.
Program dengan versi yang terbaru ini dapat menangani jaringan saluran air secara penuh untuk kalkulasi aliran tunak (steady). Perhitungan dasarnya mengikuti prosedur pemecahan kalkulasi energi aliran satu dimensi. Kehilangan energi dievaluasikan terhadap friksi yang terjadi pada saat pengaliran (persamaan manning), kontraksi dan ekspansi saluran (dengan koefisiennya yang dikalikan dengan kecepatan alir). Persamaan momen digunakan saat situasi dimana profil muka air secara cepat bervariasi. Selanjutnya perhitungan juga bisa dilakukan terhadap talang air, gorong-gorong, pompa air dan struktur bangunan air lainnya.
Penyelesaian aliran tak tunak diambil dari model UNET yang pernah dibuat oleh Dr. Robert L. Barkau. Fasilitas perhitungan aliran tak tunak ini dikembangkan terutama untuk kalkulasi aliran subkritis.

Program HEC-RAS 4.1 menggunakan pengaturan data dimana dengan data geometri yang sama bisa dilakukan kalkulasi data aliran yang berbeda-beda, begitu juga dengan sebaliknya. Data geometri terdiri dari layout permodelan disertai cross section untuk saluran-saluran yang dijadikan model. Data aliran ditempatkan terpisah dari data geometri. Data aliran bisa dipakai salah satu antara data aliran tunak atau data aliran tak tunak. Dalam masing-masing data aliran tersebut harus terdapat boundary condition dan initial condition yang sesuai agar permodelan dapat dijalankan.

menu hecras

Selanjutnya bisa dilakukan kalkulasi dengan membuat skenario simulasi. Skenario simulasi harus terdiri dari satu data geometri dan satu data aliran.

Persamaan yang digunakan dalam melakukan analisa hidrodinamik, pada aplikasi ini adalah dengan dasar persamaan garis energi. Profil muka air dari satu tampang ke tampang berikutnya dihitung dengan persamaan energi dengan prosedur iterasi standar step. Persamaan energi adalah sebagai berikut:

amodel profil

Data cross section hasil dari survey lapangan menjadi masukan data geometri pemodelan pada program HEC-RAS. Berikut merupakan contoh potongan melintang sungai hasil pengukuran lapangan.

profil sungai

Selanjutnya setelah dilakukan pembuatan geometri pemodelan, maka selanjutnya dilakukan pembebabanan pada syarat batas / boundary condition dengan debit dari hasil perhitungan analisa hidrologi untuk masing-masing boundary condition / batas pemodelan. Batas pemodelan di bagian hulu sungai berupa flow/debit, debit pada bagian hulu ini merupakan debit yang berasal dari analisa hidrologi dengan skenario debit rata-rata (low flow), sedangkan boundary di bagian hilir sungai berupa fluktuasi air pasang surut.

Dari hasil pemodelan hidrodinamik denga menggunakan aplikasi HEC-RAS akan didapatkan beberapa parameter hidrolis sebagai berikut:
1. Profil muka air rencana hasil skenario pemodelan. Denga diketahuinya profil muka air sungai baik profil memanjang ataupun profil melintang, maka akan dapat direncanakan dimensi saluran rencana ataupun ketinggian tanggul rencana, sehingga tidak terjadi limpasan (banjir).
2. Debit saluran pada lokasi-lokasi tertentu dan pada waktu-waktu tertentu (flow hidrograph).
3. Kecepatan aliran yang terjadi pada sekmen sungai. Selain pada sekmen sungai, kecepatan aliran juga dapat diketahui di lokasi bangunan yang ada di Sepanjang Sungai.

berikut software yag dapat di download tested 100% , disini

atau “http://www.4shared.com/zip/SFQ4LSVu/HEC-RAS_40_Setup.html”

One thought on “HECRAS untuk menghitung kapasitas sungai

  1. assalamualaikum wr wb
    selamat malam pak,
    tanya lagi, saya minta bantuan bapak lagi

    dimana saya bisa download driver cedas, coastal engineering design and analysis system modul genesis untuk menyimulasikan perubahan garis pantai?

    terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s