Pemanfaatan PLAXIS 8.2 untuk perencanaan secant pile ATAU soldier pile


Masalah kestabilan tanah terutama pada saat  pelaksanaan galian tanah selalu muncul dalam pembangunan yang berada di bawah permukaan tanah misalnya basement dll. Banyak sekali cara mengatasi permasalah terbut diatas  dari yang konvesional yaitu dengan dinding penahan tanah dari batukali  , sheet pile  sampai dengan teknik-teknik terkini misalnya dengan tangent pile, secant pile, diafragma wall  dll.

Semua metode itu  tentu akan sesuai kondisi tanah  setempat dengan  berbagai variasi biayanya  masing-masing

Walls_SlurryWall_136

diafragma wall

Secant_pilesv_300

secant pile

Walls_SheetPile_135

sheet pile

Soldier_piles_2_300

soldier pile

Tangent_piles_300

tangent pile

 

CARA  PELAKSANAAN  PEKERJAAN  SECANT PILE

Proses pelaksanaan pekerjaannya  menggunakan tiang beton bertulang dan untuk antaranya  menggunakan tiang dari semen bentonite, yang dapat diuraikan sebagai berikut :

Di titik yang telah ditetapkan, tanah di bor sedalam desain, kemudian di cor semen bentonite.

Di sebelahnya, sesuai dengan arah (line) penahan tanah yang direncanakan, di bor lagi sedalam desain, dengan jarak as lebih kecil dari 2x  diameter lubang (S<2D), kemudian di cor semen bentonite

Begitu seterusnya hingga seluruh line penahan tanah dicapai.

Tepat di tengah-tengah antara tiang-tiang semen bentonite yang telah selesai di cor (setelah 3 hari), dilakukan pengeboran tanah dengan diameter dan kedalaman yang sama. Karena jarak tepi tiang lebih kecil dari diameter, maka selama proses pengeboran tiang-tiang lama akan tergerus. Kemudian dilakukan pengecoran dengan semen bentonite. Begitu seterusnya diantara tiang-tiang yang telah di cor, dengan demikian terbentuklah dinding yang rapat, terdiri dari tiang-tiang yang saling berpotongan (berjejeran)yang rapat, terdiri dari tiang-tiang yang saling berpotongan (berjejeran).

Jika Struktur secant pile ini diperlukan  sebagai struktur penahan tanah selama proses penggalian, maka untuk tiang yang tahap kedua di cor beton bertulang (sebagai struktur penahan tanah).

secant pile

Semen bentonite yang ada di pasaran ada beberapa macam baik produksi dalam negeri maupun produksi luar negeri (impor). Sedangkan campuran semen bentonite dari beberapa trial mix yang pernah dilakukan, telah didapatkan hasil test laboratorium untuk Unconfined Compressive Strength pada umur 7 hari

NO Material Campuran Komposisi Berat Campuran kekuatan Kg/cm2 Keterangan
1 Air Cement Bentonite 1000kg, 300kg, 70kg 0.7265 Umur 7 hari
2 Air Cement Bentonite 1000kg, 300kg, 50kg 1,6718 Umur 7 hari

 

Bentonit adalah istilah lempung mon-morillonit dalam dunia perdagangan dan termasuk kelompok dioktohedral. Penamaan jenis lempung tergantung dari penemu atau peneliti, misal ahli geologi, mineralogi, mineral industri dan lain-lain.
Dalam keadaan awal, Na-bentonit berkemampuan tinggi untuk menyerap warna dan dapat ditingkatkan lagi dengan melalui proses pengolahan dan pemanasan.
Bentonit dapat dibagi menjadi 2 golongan berdasarkan kandungan alu-munium silikat hydrous, yaitu activated clay danfuller’s Earth. Activated clay adalah lempung yang kurang memiliki daya pemucat, tetapi daya pemucatnya dapat ditingkatkan melalui pengolahan tertentu. Sementara itu, fuller’s earth digunakan di dalam fulling atau pembersih bahan wool dari lemak. Berdasarkan tipenya, bentonit dibagi menjadi dua, yaitu :
a.    Tipe Wyoming (Na-bentonit – Swelling bentonite)
Na bentonit memiliki daya mengembang hingga delapan kali apabila dicelupkan ke dalam air, dan tetap terdispersi beberapa waktu di dalam air. Dalam keadaan kering berwarna putih atau cream, pada keadaan basah dan terkena sinar matahari akan berwarna mengkilap. Perbandingan soda dan kapur tinggi, suspensi koloidal mempunyai pH: 8,5-9,8, tidak dapat diaktifkan, posisi pertukaran diduduki oleh ion-ion sodium (Na+).
Penggunaan yang utama adalah untuk  lumpur (bor) pembilas dalam kegiatan pemboran, pembuatan pellet biji besi, penyumbat kebocoran bendungan/kolam.
b.   Mg, Ca-bentonit – non swelling bentonite)
Tipe bentonit ini kurang mengembang apabila dicelupkan ke dalam air, dan tetap terdispersi di dalam air, tetapi secara alami atau setelah diaktifkan mempunyai sifat menghisap yang baik. Perbandingan kandungan Na dan Ca rendah, suspensi koloidal memiliki  pH: 4-7. Posisi pertukaran ion lebih banyak diduduki oleh ion-ion kalsium dan magnesium. Dalam keadaan kering bersifat rapid slaking, berwarna abu-abu, biru, kuning, merah dan coklat. Penggunaan bentonit dalam proses pemurnian minyak goreng perlu aktivasi terlebih dahulu

 

PROSES PERENCANAAN  SECANT PILE DENGAN PLAXIS 8.20

DATA YANG DIBUTUHKAN ADALAH

a.  Data  boring tanah  samapai tanah keras

b. Data kontur tanah  atau  data dalamnya galian tanah yang akan dilakukan

pondasi dengan plaxis

video nya di sini  …. video dinding penahan dan anchor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s